Bantuin mama
Tuesday, May 23, 2006


Mama kemarin masak daging giling. Noni kadang ngintip2 meja dapur, pengin tahu koq tumben lama berdiri di dapur. Gitu kali pikirnya.

Terus pas giliran mau ngrebus kacang panjang/sperzie boontjes, aku ajarin Noni potong2 jadi kecil. Antusias banget dia, sampe ngeden2. Kalo agak alot, dia udah ngeluh; Kan nie! Kan nie! ........Gak bisa! Gak bisa! katanya.

Papa pulang juga lumayan awal, jam 1/2 5 sore. Jadi dia bisa liat Noni yang pasang muka asem lagi bantuin mama.
Sambil duduk di matras tipis, dia dengan semangat motongin kacang. Mama potong sayurnya lebih kecil lagi, begitu kelar nampak deh mukanya jadi berubah. Bangga dan berseri-seri.

Makasih Noni!

Theresia Maria told the story at 10:35 AM | 11 comments

Didandanin papa
Monday, May 22, 2006



Noni dapet bingkisan dari tante Vivi; isinya jepit sama karet rambut. So, Noni mulai pake gelang2 karet itu.

Papanya liat terus nolongin Noni, hiasan2 itu dijepitin di rambutnya. Di sana dan di sini.

Gini deh kalo papa jadi perias dadakan. Heboh!

Theresia Maria told the story at 11:27 AM | 6 comments

Serasa di rumah sendiri...
Thursday, May 18, 2006




Sampe sekarang kalo lagi main2 tiba2 Noni nyeletuk Tapuccino=Cappuccino. Gara2nya selama liburan di Dusseldorf kami mampir (sering) di Starbucks coffee.
Mama milih tempat yang ada sofanya biar Noni puas main2 disitu. Kadang dia tenang sambil mainan di meja bulat, atau ngicip2 whip cream.
Aku pesen frappuccino, kalo pas cuaca agak dingin baru deh pesen cappuccino.
Kalo papanya sih kalo gak kopi biasa ya cappuccino.
Makanya aku sering banget nyebut kata itu sampe Noni hapal.

Theresia Maria told the story at 2:29 PM | 4 comments

Asiiik! Papa libur....
Monday, May 08, 2006


Liburan papa dimulai hari ini. Tapi minggu kemarinnya sih masih kerja lembur. Jadinya Noni tadi bisa seharian deh manja2 ama pa and ma.

Dimulai dari jalan belanja bareng jam 1/2 10 pagi, terus mainan pasir di belakang rumah, papa nuntun sepeda mininya Noni muterin RT, juga jalan ama mama ke ujung jalan nganter container sampah, dapet lolly dari papa, makan kentang goreng dari mama, terus terakhir malemnya mainan bellen blazen/soap bubbles ama papa.

Boboknya siang agak telat, jadi moga aja manjanya gak kumat entar malem. Bisa ronda nih ortunya.

Kayak tadi malem tuh...pfffh! Bisa pusing deh ngeliat polahnya. Terakhir boboknya jam 11 malem, mama udah ngeluarin taring-papa udah merem melek, akhirnya Noni mewek dipaksa buat baringan aja suruh tidur.

Lama2 dia capek sendiri. Tidur deh.

Theresia Maria told the story at 8:00 PM | 5 comments

Mama marah
Friday, May 05, 2006

Jam 1/2 5 pagi, matanya Noni udah lebar-bulet-bunder. Bener2 bangun. Udah gitu, mama yg bela-belain merem lagi jadi terganggu soalnya dia udah gedebak-gedebuk main di kasur. Daripada entar jatuh, kita pindahan ke kamarnya Noni. Ada matras di lantai, bisa buat tiduran. Papa sih udah mau berangkat kerja.

Dasar mama kebo, meremnya dilanjutin lagi sementara Noni main2 sendiri. Bangun2 dikejutkan oleh pemandangan yang membuat detak jantung berhenti!!!
Noni udah jadi pelukis cilik dikamarnya. Jejak2 pastel warna bertaburan di pintu lemari! Astaga! Mama jadi kalap, langsung berdiri dari matras. Bla bla bla, ngomel2 Noni jadi sasaran empuk bentakan mama.

Serudukan, mama ambil lap pembersih dari lemari di kamar mandi. Agak susah ngilangin, sampe nekan2 jari pun lukisan Noni pelan2 ilangnya. Terus, aku coba pake babydoekjes/babywipes buat bersihin. Lumayan deh. Baru selesai bersihin separuh pintu, gak sengaja mataku tertuju ke papan bednya. Astaga lagi! Disana juga udah penuh dengan coretan culunnya. Ternyata selama aku tertidur itu dia kumat kreatipnya.

Sementara aku ngegosok sampe kelaparan, tangan jadi kaku, bersihin lemari ama papan bednya, dia nyoba2 gangguin. Entah ngajak ciluba kek, pegang2 lemari juga, sampe manjatin punggungku. Dasar udah marah banget (sampe keluar asap dari telinga, hehe...), aku bentakin anakku yang cuman melongo biar duduk di matras. Tapi lama2 matanya jadi merah udah mo nangis. Kasihan juga ngeliatnya. Begitu selesai kerjaan, reda juga kemarahan mama yg kayak banteng ngamuk. Parah deh ach!

Aku ajak Noni yang udah biasa lagi sambil peluk2 mama, ke bawah buat sarapan. Jam tujuh pagi kita maem roti kismis yg tak panggang dulu. Sambil tak setelin teve, acara anak2 udah mulai jam segitu, dia makan sambil duduk anteng. Tumben. Ngerasa kali kalo dia macem2 bakal kena marah mama lagi.

Pagi itu kita terus jalan ke pasar, pulangnya makan lumpia Vietnam. Sampe rumah dia udah kecapekan disamping hawa panas yg bikin ngantuk. Baru mau tiduran, dia minum air sirup...eh tumpah di baju ama seprei. Duh, buru2 deh copotin semua langsung rendem biar gak ninggalin vlek. Kali ini aku ngomel2 sendiri. Kesel banget. Dia natap emaknya bengong. Kumat lagi, mam...? pikirnya. Gak lama setelah semua diganti, dia yg tak pakein daster batik tipis ngajak mama ke kasur sambil meluk bonekanya. Bobok deh....

Tapi sungguh, waktu Noni tidur siang mama nyium2 kepalanya. Bilang *dengan penuh sesal*; maaf ya nak. Abis boboknya cute banget, tenaaang..... Dia engga dendam padahal mama udah bentak2 gitu. Kali mama angot soalnya mau didatengin bulan. Maafin mama, nak!

Theresia Maria told the story at 6:40 PM | 6 comments

Opa tetangga sudah tiada.
Wednesday, May 03, 2006

Kemarin pagi cuaca cerah, tumben deh ada banyak matahari. So, aku ngajak Noni jalan2 ke Dommel. Sungai kecil di dekat rumah yang banyak unggas liarnya. Sambil tak tuntun (ada tonggak buat dorong sepeda), Noni antusias nggenjot pedal. Sekali2 kami berhenti, Noni asik ngitung mobil2 di jalanan yang lewat.

Sampai di pinggir sungai, aku buka bekal roti basi dari rumah terus tak sebar gitu ke air. Angsa sama burung pada berdatangan. Dalam sekejap roti itu habis dilalap. Baru mau balik, ketemu nenek tetangga belakang rumah. Beliau cerita, kalo Opa (suaminya) meninggal bulan Maret lalu. Kaget juga, aku sering ketemu mereka berdua jalan2 (yang nenek udah bervespa ria, yang kakek ada kereta penuntun pake roda) saat berbelanja. Sampe2 lupa bilang berbelasungkawa, aku pegang terus tangan si nenek, sambil nanya2. Tapi si Oma bilang, udah gak apa2 *het gaat wel*. Ceritanya mereka udah bersama selama lebih dari 68 tahun!

Kalo si Opa dulu pernah dikirim jadi serdadu di Indonesia (Batavia; beliau nyebutnya) pada jaman perang. Tahu bahasa Indonesia sedikit2. Kadang pas ketemu dijalan, Opa bercanda; ayo, jalan cepat-cepat! (pake bahasa Indonesia). Padahal sumprit jalannya udah kayak siput, udah usia 90 tahun sih. Aku yang denger jadi ketawa2.
Oma ini tiap kali seneng ngobrol juga, soal keluarganya, juga nanya2 familiku di Indo. Kerasan engga di sini, tanya beliau suatu ketika. Yang tabah ya, soalnya kamu sendirian di sini..... pesannya waktu itu.

Ach...ada masanya sendiri2, tapi melihat si Oma sekarang jalan2 sendirian....kasihan ngelihatnya.

Kembali dari Dommel, aku ama Noni muterin kampung terus nyambung ke supermarkt. Belanja. Soalnya Noni nurut, tenang, waktu tak ajak jalan2, pulangnya mampir beli buku bacaan SpongeBob. Dia ogah bersepeda lagi.

Di perjalanan pulang dia udah gak sabar liat2 isinya. Sampe rumah langsung duduk gitu aja. Lagaknya udah bisa baca. Noni konsen banget bacanya, jadi nggak ceriwis kayak biasanya.

Theresia Maria told the story at 9:19 AM | 6 comments

This blog is owned by The TEN family.
Specially designed by Sherly Nie @ Liverpool, 30 January 2006.