Puisi buat Noni
Tuesday, March 28, 2006

Pelangi Senja
Gerimis membasahi ilalang
saat waktunya kan datang
Tangis dan tawamu, anakku
bagai ombak kecil di laut biru
Hampir dua tahun perjalanan
meraup segala keingintahuan
langkahmu kecil seraya bernyanyi
meniti jembatan seindah pelangi
Senja berganti membelah malam
dendangmu setengah bergumam
istirahatlah, nak... di peraduan
kujaga dikau dalam pelukan
Pelangi senja di mayapada
antar bocah kecil bersahaja
asa mengantarkan bait-bait doa
membayangi wajah yang bersuka cita
Pelangi senja di ujung bumi
antar bocah kecil mengelilingi
dunia kanaknya yang masih suci
melantunkan kidung syukur dalam hati.
*Puisi mama buat Noni yang hampir menginjak usia dua tahun*

Theresia Maria told the story at 5:01 PM | 4 comments

Draaikont


Draaikont sering dilontarkan papa kalo Noni suka muter2 kasur atau ajrut2an di kamar tidur sebelum bobok. Artinya draaien tuh muterin, kalo kont artinya pantat.

Kalo lagi makan juga gitu, duduk juga sebentar di kursi kecilnya. Badan atau kakinya mesti goyang2. Atau gak lama dia udah nglesot2 sampe jatuh dari kursi. Masih juga gak kapok; kejungkel, kejengkang, tetep aja tuh pantat gak bisa diem kalo duduk.

Beda banget ama papa, kalo udah duduk di sofa betah deh. Paling bisa rileks sambil nonton teve di akhir minggu. Sampe terkantuk-kantuk.

Yang jelas draaikont ini ngikut mama. Mama paling gak betah duduk lama2. Lagi makan juga entar ke dapur ambil ini-itu, atau disambi apa aja. Kebiasaan jelek deh, ngaku aja. Akhirnya nurun ke Noni.

Theresia Maria told the story at 3:49 PM | 2 comments

Foto Dippiedoe
Saturday, March 25, 2006



Tak ada dunia seindah dunia kanak2. Isinya hanya bermain dan bercanda.

Hampir lupa nih muatin foto2 yg dibikin papa minggu lalu. Maklum dah, mama abis sakit beberapa hari. Papa lupa loading foto di kompu.

Ceritanya dah basi, tapi buat kenang2an juga mama pasang deh. Waktu main2 ke Dippidoe papa bikin foto2nya lebih bagusan deh daripada yg mama bikin.

Biar jungkir jempalik pokoknya hepi.

Paling seneng Noni main2 sama bola. Kadang dia lempar2in keluar bolanya dari tenda.

Mumpung sepi, belum rame pagi itu dengan bocah2 lain. Merdeka yach Non!

Theresia Maria told the story at 12:00 PM | 2 comments

Taan, taas, tit teelen
Tuesday, March 21, 2006

Minggu lalu dikasih mainan crane bekas dari omanya. Tadinya kraan tuh mau dibuang, tapi Erik bilang sayang toh bisa dipake Noni. Banyak sih mainan dirumah oma, mainan buat anak cowok. Mertua punya dua cucu laki2, yang juga kadang nginep sana.

Sekarang bisa nyebut mainan kayak kraan/crane itu TAAN, kalo maem keju dia bilang TAAS maksudnya kaas/cheese, terus nyebut pituig kalo liat pesawat terbang. Bahasa Belandanya pesawat terbang tuh Vliegtuig.

Pas muncul Zwieber de Vos (tokoh jahatnya di seri Dora) dia langsung bilang TIT TEELEN, maksudnya Niet Stelen=jangan mencuri, sambil tangannya ke depan kayak nyetop gitu. Serius lagi mimiknya, hihihi....mau jadi polisi lalin apa yach?

Foto2 di sebelah ini Noni lagi bikin crane/kraan yang dia sebut TAAN dari blok2 mainannya sendiri.

Dia tumpuk2 itu blok2 sampe tinggi, dengan bangganya dia liatin terus karyanya.

Bagus nak, kalo bloknya cukup bisa aja nyundul sampe plafon.

Theresia Maria told the story at 9:05 AM | 7 comments

Beli kado
Saturday, March 18, 2006

Pagi kayak sabtu ini kami di dalam rumah aja, abis sarapan Noni main2 masih dengan piyamanya. Mama dan papa juga nyante pada pakai badjas. Papa masih kadang nyambi kerja komputer. Mama buka blog, uw....banyak yg nanyain nte Nina. Itung2 jadi sekretarisnya dah. Mama balesin da bloggers satu2.

Jam 11 an Noni ngantuk berat, mamanya juga. Mama kurang tidur dari kemarin. So, kita ke kamar tidur. Molor bareng, juga biar papa tenang gak keganggu hari ini. Hihih...alasan mama aja ach!

Siang jam 1/2 1 udah pada melek, ya udah siap2 kita ke sentrum. Makan roti dikit, baru jalan2 deh. Kita beli roti daging dulu buat makan siang dari toko Hema. Baru kita jalan lagi.
Papa sama Noni ke toko sepatu. Sandal papa rusak, dah banyak lobangnya. Kadang Noni iseng masukin jarinya di situ, hehehe...juga bilangnya "kapot...kapot...artinya rusak".

Mama langsung ke toko mainan. Aih...kebetulan mainan yang mau dibeli pas dikorting minggu ini. Lumayan deh, dari 40 euro jadi 18 euro. Mainan castle dari koleksi Little People. Abis bayar mama nemuin mereka di toko sepatu. Ternyata Noni main2 lego di toko, papa belum sempet pilih2 sandal selop. Jadinya mama yg mondar-mandir ngambilin, biar papa bisa milih sambil jagain Noni. Gak tahunya omanya Noni telpon, katanya mainan yg mau dibeli (dari brosur) gak ada. Juga dari Little People. Jadi kita boleh pilih sendiri hadiah seharga 50 euro. Bentar lagi khan Noni jarig, jadinya kita juga milihin mainan yang dia seneng.

Abis beli sandal, kita bertiga balik lagi di toko mainan. Jauh jalannya, tokonya sebelahan sih, hehehe....
Akhirnya jadi beli dari Little People. Dua biji. Acara bela-beli berakhir, kita pulang jalan lagi. Noni kadang2 aja minta gendong. Udaranya dingin banget, biar matahari bersinar dan suhu 8 derajat C, tapi tangan dan leher agak beku juga.

Lewat supermarkt, aku beli madu sama baby wipes. Beli roti di bakery buat besok sangu jalan2. Baru kita cabut dari situ, bener2 pulang deh gak mampir2 lagi.

Theresia Maria told the story at 7:40 PM | 8 comments

Fans berat.
Friday, March 17, 2006




Papa sama Noni emang penggemar berat SpongeBob. Kalo dah liat keduanya asik nonton, mama nyingkir deh gak mau ganggu.

Kita bisa main2 games juga di www.nickjr.com disana tinggal pilih, dari Dora-Blues Clues-juga gamesnya SpongeBob. Pernah mama mainin ituh games yg isinya cuman tonjok2an. Huh jadi gemes sendiri. SpongeBob kudu menang silat lawan Sandy. Hasilnya seri, hehehe...


Pas keduanya lagi anteng duduk ngadepin laptop, mama ambil foto. Klik..klik..klik..!!!

Begitu Noni udah bosen, biasanya langsung minta turun. Ngeluyur main sendiri. Kalo engga tetep aja ngerjain papa.

Minta gambarin ini itu, tapi papa bisa aja tuh gambarin Dora atau SpongeBob lebih detail dari mama.

Mama gambarin aja kotak, terus gambarin dua mata gedhe sama bulumata, dua gigi, sama hidung panjang. Jadilah Bob-bob. Kalo Noni masih minta mobilnya sekalian, tak gambarin aja hamburger yang ada rodanya. Kelar deh.

Theresia Maria told the story at 1:40 PM | 2 comments

Boze Noni! Grrr...


Sekarang tiap pagi kalo bangun tidur, abis ketawa2 mesti Noni pura2 pasang muka marah. Sambil bilang; Boze Noni! Grrr....

Kita juga pura2 mumpet ketakutan. Gantian Noni yg ketawa2 lagi. Asal muasalnya sih papa yg bilang; awas loh nanti mama marah. Marah bahasa Belandanya Boos. Berhubung anakku nih lagi demen bikin kalimat kayak; Noni eten, Noni zitten, Noni mooi.........*hehehe..bisa aja muji sendiri*.........makanya semuanya mulai dengan kata Noni.

Mooi artinya cantik; dengernya dari programa De wereld is mooi (Dunia itu indah) yang ada juga lagu2nya.

Gini nih fotonya kalo lagi pura2 marah. Grrr....

Theresia Maria told the story at 1:10 PM | 4 comments

Cool!
Sunday, March 12, 2006



Kalo Noni lagi iseng, boneka gajahnya yang jadi sasaran. Tapi si Olifant malah keliatan cakep pake kecemetenya Noni. Fotonya tak ambil minggu lalu.

Bahkan suatu saat pernah si gajah di taruh dimeja ruang tamu, biar bisa ikut nonton teve. Noni duduk di sebelahnya.

Ada aja ach!

Theresia Maria told the story at 1:57 PM | 4 comments

Een...pwee...
Thursday, March 09, 2006

Selasa lalu aku belanja ngajak Noni. Kayak biasa kami jalan kaki. Pulangnya Noni jalan di tempat parkiran sambil ngitung sendiri,...een, pwee, diy, vie, .....dst sampe tien. Yang bener sih een, twee, drie, vier....tapi dia masih gak jelas ngomongnya. Aku malemnya cerita sama Erik, tapi gak pernah denger Noni ngitung sampe komplit. Kecuali nyebut negen=sembilan, dia gak ngerti.
Bisa juga dia liat film2nya Dora yang edukatif, khan banyak tuh acara ngitungnya. Atau dia ngrekam kalo aku ngeluarin mainan di bathtub sambil ngitung. Kali?

Yang penting dia ada interest dulu dah, mama gak mau maksain kudu bisa apa2. Toh masih terlalu kecil. Kalo dia lagi be-te, tak setelin aja kasetnya K-3 atau lagu anak Indonesia. Mulai dah kita joget2 di depan TV.

Kata2 barunya terakhir tuh; gevallen/jatuh, wemen(zwemmen)/berenang, Nani, pamas=panas, Bella...yang ini tak ajarin nyebut nama lengkapnya. Noni Isabella. Isa tahunya dia nama tokoh di film Dora. Makanya waktu aku nyebut Isa, dia malah nunjuk tokoh Isa di buku ceritanya Dora. Yep!

Theresia Maria told the story at 9:35 PM | 2 comments

Langkah kecil
Monday, March 06, 2006

Kucoret lagi kata di tiupan angin
segala mimpi dan asa dipundakmu
yang ingin kujadikan cermin
dari indahnya masa laluku

Pribadi yang belum genap
masih banyak waktu tuk mengungkap
tetap kuiringi perjalanan panjang
biar pedoman untukmu tidak hilang

Kunanti dengan sabar dan lapang dada
di setiap jejak langkah kecilmu
hingga ujung di cakrawala
yang kelak menyambut masa depanmu.

***Karya Mama***

Theresia Maria told the story at 10:00 AM | 4 comments

Her Wonderful Sunday


Ini cerita waktu kita jalan2 ke kota, ditengah dinginnya angin dan kadang turun hujan salju menerpa wajah dan badan kami. Tapi biar dingin cuaca waktu itu kami temukan juga kehangatan kasih di antara keluarga kecil kami ini.

Minggu kemarin bikin Noni hepi banget. Seharian bisa jalan, main, dipangku, sama papanya. Bikin mataku berkaca-kaca. Apalagi dia nemu mainan di Mc D, di Eindhoven. Dan buat pertama kalinya Noni berani naik mobil di komidi putar. Ditungguin papa.

Kemana-mana mama bawa kamera digital, buat mengabadikan momen2 penting kayak gini. Udah ratusan foto mama bikin dari Noni usia beberapa hari. Banyak juga tapi yg didelete, maklum tukang foto amatiran. Tapi siapa tahu bisa buat sambilan kalo udah waktunya. Mungkin.

Balik cerita yang di tempat mainan Mc D tuh, ada kasur warna warni buat naik dan plosotan. Kata papa, nggak yakin apa Noni berani manjat sampe atas. Ternyata, sekali nyoba anakku jadi ketagihan. Giliran dipanggil untuk pulang, Noni ngotot maunya di situ. Banyak juga anak2 yang nolak pulang. Hehehe...bisa koor gitu yach.

Waktu lagi main ada anak2 cewek, ngajakin bareng. Ngobrol, Noni manggut2 aja biarpun gak paham. Bahkan gandeng tangannya waktu ngajak manjat2. Lief, he! (Nice!).

Theresia Maria told the story at 9:35 AM | 2 comments

Rewel
Friday, March 03, 2006

Siang abis tidur, Noni langsung nonton seri Gadget&Gadget. Film kartun yang nyeritain kisah si Inspektur Gadget. Abis itu tak suapin. Maemnya dikit, untung mau aja minum susu atau air anget campur madu.

Pas mama bersihin lantai pake vacuumcleaner, papa pas pulang. Suara VC khan bising, jadi gak tahu kalo ada orang buka pintu segala. Mama ampe kaget sendiri. Noni masih ceria, nyambut kedatangan papanya pake loncat2.

Gak lama, mama mulai masak terus papa baca2, kayaknya Noni suntuk. Udah gak mood warnain buku atau main2. Serba gak kebeneran.
Ngajak2 papanya keluar rumah. Papa masih capek, tapi begitu anak nangis2 (tumben rewel gini, kalo dibilangin kita di dalam rumah aja mesti nurut dia) aku samperin. Dia ngotot banget, akhirnya diajak papa naik mobil kantornya. Lamaaaa...baru mereka balik.

Aku udah kelar masak, masukin cucian juga ngelipat. Baru mereka masuk rumah. Terus aku turun ke bawah. Noni kelihatan capek. Tak sediain minum sama makan. 3 sendok aja maemnya masuk mulut, sisanya minum air madu di botol. Hmmh...Aku ama papanya Noni makan awal jam 5 an. Kepikir kalo Noni kali2 ikut maem. Enggak tertarik tuh.

Gak lama dia bobok abis nenen. Udah jam 1/2 6 sore. Dia sengaja tak biarin bobok di sofa, soalnya aku mau bersihin kamar atas. Erik yg nungguin sambil komputeran di bawah.
Ganti seprei dari dua kamar, sama bersihin lantai, kelar langsung ke bawah lagi. Noni masih pulas boboknya. Mama nawarin toetje/dessert. Papa sih gak pernah nolak seumur-umur.

Eh, Noni bangun2 minta...Ijs...maksudnya ikutan maem toetje. Hihihi...nyium baunya kali sampe dia terbangun. Akhirnya beberapa suap masuk perutnya. Masih ditambah susu botol.
Noni kayaknya masih belum pulih bener, abis belakangan bobok bisa dua kali, pagi ama siang. Biasanya sih satu kali sehari. Gitu juga paling satu jam an. Mungkin emang masih sakit anakku ini. Gak mau maem, cepet kesel, rewel...

Theresia Maria told the story at 9:13 PM | 3 comments

Cepet capek

Habis sepedaan kemarin ama mama, ke sentrum. Muter2 aja cuci mata. Sambil nyanyi2 Noni pegang2 mainan ama buku2 yang ada di toko Kruidvat. Abis itu nyepeda lagi ke rumah Elmo, sepupunya Noni. Elmo anak laki mbakku. Tinggalnya masih sekampung. Sampe sana, Elmo yang baru aja bisa jalan, nyamperin kita. Aku peluk2 duh senengnya dia.

Maunya sih Elmo mainan ama Noni tapi yang diajak main maunya ngeles, gak mau diganggu.
Mbakku bikin mie, emh...lekker. Lumayan buat ngisi energi lagi buat nyepeda balik di tengah dinginnya udara luar.

Sampe rumah lagi, unyilku udah mulai riyip2. Bener juga, gak lama dia tertidur dipangkuanku. Padahal udah jam 1/2 5 sore. Satu jam dia bobok.
Pas papanya telpon, dia terbangun. Ngepas juga ama film SpongeBob di teve. Jadi dia separuh berbaring di sofa sambil nonton seri favoritnya. Lemes2 ngantuk tapi dipaksain buka mata. Rambutnya yang awul2an bikin aku geli. Oh...nak...kamu bikin mama ketawa nih.

Theresia Maria told the story at 11:55 AM | 0 comments

Gunung es
Wednesday, March 01, 2006


Bangun agak siang, makan, terus papa ngajak Noni ke luar. Dia agak bingung kayaknya. Koq putih semua, kali gitu pikirnya. Tapi toh ditungguin Erik, dia jalan sana sini. Ngambilin salju terus dibuang lagi.

Gantian papanya ada telpon dari kerjaan, aku yang jagain sambil bikin gunung es. Noni ikutan. Mulai deh kaki ama tangan jadi kaku saking dinginnya. Tapi anakku nolak masuk ke rumah. Iya deh, aku janjiin bentar lagi jalan2. Aku ambil keretanya, kita ke supermarket. Belanja. Di luar dia sempet ikutan nyetir papanya di mobil. Erik udah mau berangkat. Kiss bye. Terus aku ama Noni jalan.

Pulang belanja, diperjalanan dia udah kecapekan. minta gendong, padahal kereta juga udah penuh ama belanjaan. Terpaksa aku gendong dia ampe rumah, sambil dorong kereta.
Di rumah aku siapin maem, dia mau. Minum susu juga. Nggak lama minta bobok.
Dari jam 12 sampe jam 3 an baru dia bangun. Lumayan deh kalo dia bisa nyenyak gitu boboknya.

Aku bisa ngurus cucian, nyetrika, jahit. Selesai tadi aja dia belum juga bangun.
Ke bawah, haus banget nih. Ada telpon dari Nina. Asik ngobrol.
Baru deh si kecil panggil2 dari babyphone. Aku ke atas. Nina pamit, makasih ya telponnya.

Theresia Maria told the story at 10:13 PM | 0 comments

Horee...dah sembuh!


Bye bye demam...Noni udah main2 sendiri, udah muterin kasur, udah jail, udah ngelakonin apa aja yang biasa dia lakukan. Dua hari lalu mah, cuman diem-lemes-banyak bobok. Papanya yang gak tega bener anak nangis. Aku masih tak kuat2in, masih sempet ngerjain tugas sehari-hari pas Noni bobok sampe lama banget. Buat pelarian juga kalo hati sedih. Getting busy.

Hari ini kedatangan tamu cilik sama mamanya; Elmo ponakanku sama mbak Tini kakakku. Berhujan ria bawa2 makanan ke rumah. Makasih ya mbak Tin.
Minggu lalu Elmo genap setahun. Sekarang lagi belajar jalan. Noni yg usil ngadang di tengah jalan ampe Elmo terjatuh-jatuh. Tapi yg jatuh malah ketawa2 juga, hihihi....sama badungnya nih.

Gak lama kakakku pulang, mau belanja dulu. Suaminya udah mau nyampe rumah sih, sebagai istri yang baik dia khan harus sudah ada di rumah ngelayanin suami.

Tinggal aku sama Noni sama2 bosen udah liat filmnya Dora, ini anak ngerjain aja. Buku2 diambilin terus ditinggal gitu aja. Mainan juga gitu, dibongkarin dari tempatnya trus ditinggal juga. Jam 4 sore baru deh dia ngantuk. Aku ikutan molor. Rasanya seger lagi begitu bangun.
Dia langsung minta minum. Susunya diabisin di botol. Tapi ogah maem. Sampe malem dia bobok lagi, jam 9 an. Sebelumnya tetep gak mau makan. Aku udah panasin padahal makanannya. Moga aja besok dia ada selera maem.

Theresia Maria told the story at 12:05 AM | 2 comments

This blog is owned by The TEN family.
Specially designed by Sherly Nie @ Liverpool, 30 January 2006.